RSS FEED

Minggu, 02 Mei 2010

“Memanfaatkan Waktu Luang Bagi Remaja”

“Memanfaatkan Waktu Luang Bagi Remaja”


 Judul Buku : Remaja Dan Waktu Luang
 Penulis : Ahmad Hasan Karzoun
 Penerbit : Daar Ibn Hazm
 Cetakan : Februari 2005 M
 Tebal : 60 Halaman


“Remaja Dan Waktu Luang”


“Jika kamu berada dalam waktu siang maka janganlah kamu menunggu waktu pagi. Dan jika kamu berada di waktu pagi janganlah menunggu waktu siang. Gunakanlah sehatmu sebelum sakitmu dan hidupmu sebelum matimu.

Berdasarkan perkembangan para pemuda mempunyai keinginan untuk menjauhi penyelewengan dan kesalahan yang dibuat oleh dirinya agar menjadi perhatian para orang tua dan guru.

Waktu luang dalam kehidupan pemuda khususnya masa liburan seharusnya digunakan untuk membentuk kepribadian dengan dasar aqidah yang benar,akhlak yang baik dan mempunyai orientasi yang jelas.itu adalah kesempatan yang baik untuk mengembangkan bakat dan pemanfaatan kemampuan.

Tujuan liburan panjang atau pendek semestinya digunakan untuk istirahat dari kerja keras baik badan maupaun pikiran,namun alangkah baiknya keadaan itu diarahkan pada aktifitas yang menyenangkan untuk diri sendiri,menyegarkan badan dan mengembangkan pikiran.Waktu tidak boleh diisi dengan aktivitas yang mendorong untuk hal-hal tidak karuan. Nafsu yang buruk merupakan taklid buta yang bisa menggelapkan mata dan menyesatkan para kaum pemuda karena menyia-nyiakan waktu luang dengan permainan yang merugikan. Selain nafsu,ada juga yang lain,yaitu hiburan negatif yang bisa

mempengaruhi jiwa,membuat kacau pikiran dan membuat permusuhan diantara teman.

Para remaja saat ini sering sekli terliat duduk-duduk di kafe atau persimpangan jalan sambil menghisap rokok atau hanya sekedar minum dan makan makanan yang ringan,hal ini sudah sangat jelas sekali bahwa menyia-nyiakan waktu sehingga berakibat berbahaya untuk para remaja.

Contoh aktivitas yang dapat dipergunakan dalam waktu luang :
1. Berpartisipasi dalam acara-acara hari besat Islam.
2. Memilih teman ketika berada dalam kegiatan apapun.
3. Berpartisipasi dalam ruh-ruh positif dan efisiensi.

Peranan mesjid juga sangat penting dan berharga bagi para remaja saat ini. Contohnya saja para remaja dapat mengikuti acara yang di selenggarakan oleh para pengurus mesjid tersebut. Dan seorang muslim dapat mengisi waktu luangnya di masjid untuk shalat,membaca Al-qur’an,zikir dan belajar baik siang maupun malam hari.

Untuk itu Islam melarang untuk menyia-nyiakan waktu yang baik,karena hal tersebut merupakan kedudukan yang paling utama jika digunakan waktu luang tersebut,dimana didalamnya terdapat faidah dan kebaikan. Untuk ini Islam mengajak para pemuda agar mengambil kesempatan dalam hidunya untuk taat pada Allah,mencari ilmu yang bermanfaat,kesungguhan dalam bekerja,memperoleh dalam berseni yang ada manfaatnya,menggunakan kemampuan dan bakatnya untuk diberiakn pada umat dan bangsa,dan melarang setiap hiburan yang tidak ada manfaatnya atau permainan bathil yang hanya menghabiskan waktu dengan sia-sia apalagi sampai memusuhi agama.

Buku ini sangat bagus karena menuntun remaja agar dapat memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin.penting dimiliki oleh para remaja sebagai acuan untuk masa yang akan datang.
Referensi : www.google.com
www.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar