RSS FEED

Minggu, 19 Desember 2010

Resensi Novel

Kata Pengantar

Alhamdulillah, segal puja-puji syukur terpanjatkan kepada Allah swt. Rbb semesta alam yang telah memberikan berbagai kenikmatan kepada umat manusia. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Rasullah saw. Berseta keluarganya, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.
Alhamdulillah saya telah menyelesaikan resensi ini dengan lancar dan tidak ada halangan apapun. Saya membuat resensi ini dengan menyesuaikan yang ada di novel tersebut . Dan semoga resensi ini tidak ada keselahan apapun. Apabila ada kesalahan mohon di maklumi dan saya mohon maaf atas kesalahan yang ada. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari cerita ini. Selamat membaca.

Wasalamualaikum, wr.wb

Bogor,23 September 2010

Identitas Buku

Judul Buku : Soulmate to find
Penulis : Fiya
Penyunting : Younee
Perancang Sampul : Iyal
Penata letak : Aby
Penerbit : Puspa Swara,Anggota Ikapi
Cetakan : I-Jakarta,2006
Tebal Buku : 128 Halaman
Jenis Buku : Novel

Daftar Isi

1. Sahabatku Astrid hal.1
2. Do you want marry me hal.14
3. Asl plz? hal.24
4. Oh... makan siangku hal.40
5. Gloomy Astrid hal.52
6. Subjet.Re hal.70
7. Bingung euy.... hal.90
8. Sakiittt... hal.101
9. And ur answer is.... hal.113
10. Bukan lagi bajuku... hal.123
11. Soulmate to find hal.128

Latar Belakang


Buku ini akan memaparkan kepada anda beberapa gambaran tentang saling tolong- menolong,memberikan saran,dan menyelesaikan masalah dengan cara baik-baik sesama sahabat.Dengan sikap seperti itu persahabatan mereka langgeng sampai maut memisahkan mereka berdua.

Isi Buku

Di suatu hari ada persahabatan yang di pisahkan oleh maut. Mereka bernama Farah dan Astrid,mereka sahabatan sejak kecil. Umur Farah dua puluh empat tahun,beberapa bulan lebih tua dari Astrid. Dan Astrid lebih tinggi beberapa centimeter dari Farah, Astrid pun rambutnya sebahu dan Farah berkaca mata serta memakai jilbab. Mereka pun mempunyai profesi yang berbeda Farah sebagai teknisi dan Astrid sebagai akuntan. Dan Astrid pun bekerja di kantor jika Farah berwiraswata.
Di suatu ketika mereka berdua sedang asiknya berjalan-jalan dan pada saat itu juga Astrid menanyakan tentang Romy pada Farah. Romy adalah seorang pilot muda yang bekerja di sebuah perusahaan penerbangan besar.Farah dan Astrid berkenalan dengan Romy di acara ulang tahun teman mereka.
Sejak pertama kali melihat Farah, Romy sudah jatuh hati. Padahal,Astrid yang pendiam lebih suka duluan pada Romy. Tapi,kini Astrid udah bisa menerima kenyataan kalau Farah sudah menjadi pacarnya Romy.
Malam minggu pun tiba Romy seperti biasa mengajak Farah untuk jalan-jalan dan makan diluar,dengan kebiasaanya Romy menanyakan kepada Farah untuk makan malam di restauran mana, dan itu selalu berulang -ulang? Farah tidak menjawab pertanyaan Romy dikarenakan, Romy mempunyai kebiasaan kepada Farah dengan sikapnya yang tidak memiliki pendirian yang tegas. Yang selalu menanyakan kepada Farah hal-hal yang dianggapnya pria yang seharusnya tahu. Setelah makan malam dengan Romy, Farah langsung pulang dan menelepon Astrid untuk diajak curhat,Farah menceritakan kejadiaan yang dialaminya pada saat makan malam di restauran. Dan Astrid pun memberikan saran kepada Farah untuk bersabar.
Dengan berjalanya waktu Farah dan Romy sampai sekarang masih menjalin hubungan hingga dua tahun.tetapi Farah bingung dengan perasannya kepada Romy. Apakah Farah benar-benar mencintai Romy dengan tulus, apa hanya karena kasiahan? Dengan seperti biasa Farah menelepon Astrid untuk curhat atas perasaanya, dan Astrid memberi saran kepada Farah agar berdoa kepada Allah agar diberi petunjuk.
Suatu hari Romy dengan kebiasaannya mengajak makan malam,Beberapa menit kemudian, mereka berdua sampai di restauran. Romy memesan makanan untuk mereka berdua. Sambil menunggu makanan datang Romy tumben-tumbennya memegang erat tangannya Farah dan Farah menolaknya, tetapi saking eratnya sampai tidak bisa dilepaskan. Pada saat itu juga Romy menyatakan lagi perasaannya dan mengajak married dan Romy menginginkan Farah apabila sudah menjadi istrinya hanya sebagai ibu rumah tangga dan tidak usah cape-cape bekerja, di saat itu juga Farah terkaget dan langsung terdiam,setelah itu Romy meminta jawabannya, tetapi Farah tidak bisa menjawabnya langsung dan meminta kepada Romy beberapa waktu.
Seperti biasa Farah curhat dengan Astrid atas kejadian tadi. Dan Astrid memberi saran agar Farah beristiqomah dan berdoa.setelah itu berhari-hari Farah memikirkan jawabannya. Keesokan harinya Astrid terkena masalah yaitu,kedua orang tuanya bertengkar. Astrid pun menelepon Farah untuk diajak curhat tetapi mereka curhat di rumahnya Farah. dan Astrid sesampainya di rumah Farah langsung menceritakan kejadian yang dialaminya di keluarganya dan sambutan Farah atas kejadiannya tersebut langsung terkaget. Akhrinya Farah memberi saran ke Astrid untuk tidak lari dalam masalah ini. Tetapi di malam itu Astrid setelah bercerita dia tidak pulang tetapi dia menginap di rumah Farah.
Minggu pagi pun tiba, mereka bangun untuk sholat subuh dan jalan-jalan sambil bercerita mengenai Romy. Setelah itu Farah mendapatkan telepon dari bosnya yaitu,Pa Ridwan. Ternyata Pa Ridwan menelepon Farah untuk ke tempat kerjanya karena notenya yang ada di komputer hilang dan akhrinya mereka berdua pulang dan Farah langsung pergi ke tempat kerjanya, ternyata setelah di periksa oleh Farah notenya benar-benar tidak ada di komputernya dan akhrinya Farah mencari di internet, beberapa menit kemudian setelah notenya ketemu Farah dengan isengnya chatting cari-cari soulmate baru dan buat nambah soulmatenya, cewe 24 tahun ini malah ketiban masalah. Baru kirim-kirm E-mail sudah langsung dapat dua teman baru.yang bernama Raizmad asli Pakistan dan Salman asli jakarta.
Dan belum apa-apa Raizmad udah jatuh cinta kepada Farah,begitu juga Salaman yang udah ngajak pacaran. Masalah pun bertambah runyam aja karena bukan hanya dua cowo itu saja yang harus dipilih Farah. Ada Firman,teman sekantornya,yang tiba-tiba ngasih perhatian ekstra/Lebih ke Farah.
Hari jumat pun tiba, Farah setelah pulang kerja ia tidak biasanya mampir dulu ke mall,karena pusing atas masalah yang di hadapi. Dan Farah menelepon Astrid untuk datang tapi Astrid tidak bisa dihubungi Hpnya tidak aktif dan Farah pun menelepon ke rumahnya Astrid, tetapi kata pembantunya, Astrid belum pulang dari kantornya dan Farah pun khawatir dengan keadaan Astrid .
Dan akhirnya Astrid pun mengaktifkan Hpnya. Telepon dari Farah masuk di kontak Hpnya Astrid, Astrid langsung menelepon Farah,dan Farah menanyakan keadaannya, Astrid pun menjawabnya dengan alasan dia tidak ingin diganggu oleh Farah dikarenakan dia pusing dengan masalah yang di alaminya yaitu,dengan keluarganya.
Astrid pun curhat dia bingung dengan keadaan orang tuanya yang ingin bercerai, dikarenakan Papanya di tuduh oleh Mamanya berselingkuh. Tetapi Farah tidak mempercayai tuduhan Mamanya.
Karena Papanya walaupun sibuk tetapi masih memberi perhatian terhadap dirinya. Apabila Mamanya hanya sebagai ibu rumah tangga dan tidak bekerja, pekerjaanya pun hanya arisan,pergi-pergi, ikut organisasi yang di anggap Astrid tidak penting,dan sering keluar rumah.dan Astrid pun malah menuduh mamanya yang berselingkuh,dikarenakan tidak memiliki pekerjaan dan hanya membuang uang yang tidak jelas.
Dan Farah pun memberi saran agar tidak putus asa dan selalu berdoa. Farah pun selalu mengingatkan ke Astrid agar tidak lari dari masalah dan dia harus tetap mengaggap Papa Mamanya adalah orang tuanya yang telah membesarkannya, Farah juga selalu mengingatkan agar Astri harus memberi contoh kepada adik-adiknya, Astrid pun menerima saran dari Farah dan Astrid tetap menggap Mamanya adalah orang tua yang telah melahirkannya.
Dan keesokan harinya,ini adalah hari yang di nantikan Romy, karena Romy menuggu-nunggu jawaban dari Farah. Dan mereka berdua bertemu di salah satu restaurant, akhrinya Farah menjawab pertanyaan yang di berikan kepadanya,Farah pun menjawabnya dengan menolak ajakan Romy untuk married. Dikarenakan Farah tidak menyukai sifatnya Romy,dan tidak mengingikan apabila menikah nanti Farah hanya sebagai ibu rumah tangga.
Kemudian harinya,Farah menginap di rumahnya Astrid untuk menemaninya dikarenakan orang tuanya sudah bercerai dan tinggal terpisah.Astrid tinggal bersama Papanya.
Pagi yang cerah itu pada saat Astrid sedang mandi Hpnya berbunyi, Farah pun akhirnya mengangakat Hpnya Astrid, tetapi sebelum diangkat oleh Farah, Farah meminta izin kepada Astrid. Dan akhrinya Farah mengangakat telepon itu, ternyata yang menelepon adalah Romy. Farah pun terkaget, setelah itu Astrid keluar dari kamar mandi dan Farah pun langsung menanyakan hal tersebut, tetapi sebelum Astrid menjawab Astrid mendapatkan telepon kembali dari Romy dan Astrid menjauh dari Farah, agar Farah tidak marah,tetapi pada saat Astrid berbincang dengan Romy, Farah memiliki perasaan yang tidak enak dengan Astrid, tetapi Farah hanya terdiam dan tersenyum kecut dalam hatinya.
Dia membayangkan kini Romy udah dapat pacar baru. Tapi kenapa mesti Astrid? kenapa sahabat karibnya? Tapi, pertanyaan-pertanyaan itu hanya sesaat dan Farah pun punya rasa terbesit jengkel dan marah pada Astrid. Tetapi Farah tidak bisa menyalahkan Astri ataupun Romy.
Farah segera menyadari, segalanya udah terlambat. Tapi itulah yang terbaik, walaupun masih setengah hati dia bisa menerima kenyaatan kalau Astrid bersama Romy.
Hari keesokaannya, Farah bertemu dengan Astrid, mereka berbincang-bincang. Astrid mengatakan kepada Farah kalau ia ingin meminta maaf terhadap kesalahanya yang telah main belakang dengan Romy, dan ia mengatakan kalau ia akan berpisah dengannya dikarenakan dia igin married dengan Romy.
Dan dua minggu kemudian, Romy dan Astrid menikah, mereka pun di karuniai anak perempuan yang mungil.
Hari berganti hari, bulan berganti bulan, nggak terasa udah tiga tahun berlalu. Astrid udah menikah dengan Romy, sementara Farah masih setia dengan predikat jombolnya. Ternyata, gambaran istri yang diinginkan Romy ada pada Astrid yang menjadi istrinya sekarang. Astrid hanya menjadi ibu rumah tangga. dan anak mereka begitu cantik, mirip dengan Romy.
Keesokan harinya, Farah pun datang ke rumah Astrid untuk menemaninya dan berbincang-bincang. Astrid menanyakan kepada Farah kapan kamu akan menikah? Farah pun bingung untuk menjawab pertanyaan itu!
Dan Astrid menanyakan kembali tentang teman chattingnya. Farah pun menjawabnya tidak mengetahuai dengan keadaan teman-teman cahttingnya sekarang.
Beberapa menit kemudian, deru suara mobil terdengar masuk pagar. Farah segera bangkit dan melihat siapa yang datang. Setelah tahu Romy yang datang, Farah segera pamit untuk pulang. Tapi Astrid menghalang Farah untuk pulang agar sholat Maqrib dahulu karena sudah mau memasuki Maqrib, tetapi Farah tidak mau sholat maqrib karena dia kemana-mana membawa mukena dan bisa sholat di masjid yang ia sukai. Sebelum pergi Farah berbincang-bincang dengan Romy juga dan Romy menanyakan tentang ayah dan ibunya Farah, Farah pun menjawab,” alhamdulillah mereka baik-baik saja”. Romy pun menyuruh Farah agar tidak sungakan-sungkan jenguk Astrid yang sendirian di karenakan Romy jarang di rumah.
Dan Farah akhrinya pulang menggunakan motor. Pada saat di jalan Farah mendengar adzan dan dia langsung mencari masjid yang terdekat untuk menunaikan sholat Maqrib. Dia putuskan untuk sholat di Masjid Agung. Lumayan banyak orang yang berjamaah.
Farah segera masuk masjid dan menjadi makmum. Selesai menunaikan sholat Maqrib, Farah melakukan wirid dan doa. Begitu khususnya Farah duduk tafakur, meminta kepada Allah.
Setelah berdoa,dia bertekad untuk mencari cinta yang diimpikanya. Farah berjanji untuk tetap berusaha dan istiqomah mendapatkannya.
Farah segera melipat mukenanya dan kemudian duduk melamun. Entah apa yang dilamunkannya, hanya dalam hatinya bertanya-tanya, di manakah cinta sejati itu? Apakah memang ada? Menurutku cinta sejati hanyalah menggapai cinta- Mu, cinta hanya kepada- Mu, ya Allah. Terus, kalau dengan suami atau istri, apakah itu dinamakan cinta juga? Mungkin bukan... itu hanya sayang, bukan cinta. Nggak ngerti lah... lebih baik aku segera pulang, siapa tahu ayah dan ibu mencari aku.
Ketika Farah akan pergi, hujan rintik-rintik mulai turun. Dan Farah pun tidak bisa pulang, Farah mencoba menelepon ke rumah, tapi sebelum menelepon ternyata HP nya lowbet. Farah ingin ke pergi ke wartel ternyata wartelnya jauh. Terpakasa mau nggak mau, Farah menunggu sampai hujannya reda. Setelah lama ditunggu.ternyata hujan malah semaking deras. Nggak terasa, udah menjelang waktu sholat isya. Mumpung masih di masjid, Farah memutuskan untuk sholat dulu. Ntar sampai rumah tinggal tidur.
Farah kembali mengambil air wudhu. Ketika wajahnya diusap dengan air wudu, Farah berdoa. Semoga aku mendapatkan anugerah- Mu dan menggapai cinta sejati- Mu. Seusai sholat isya, seperti biasa Farah kembali duduk tafakur untuk wirid dan berdoa.
Ternyata hujan tetap deras dan di tambah suara gemuruh petir. Kembali Farah menunggu di masjid sambil berdoa agar ayah dan ibu tidak mengkhawatirkannya.
Tiba-tiba ada seorang jamaah perumpuan yang menghampirinya. Ibu itu mengajak Farah untuk mampir ke rumahnya yang dekat dengan masjid. Tanpa berpikir panjang, Farah ikut dengan ibu tersebut.
Dan Farah mengikuti ibu tesebut untuk menunggu hujan reda di rumahnya. Sesampainya di rumah ibu setengah tua itu, Farah berbincang-bincang dengannya.
Karena keasyikanya ngobrol dan bercanda dengan ibu itu, waktu sudah mengarah jam setengah sembilan. Dan akhrinya Farah pulang dikarenakan ibunya takut mengkhawatirkannya .
Pelan-pelan, Farah menjalankan sepeda motornya menelusuri jalana yang licin karena hujan. Meskipun hujan nggak terlalu deras lumayan basah juga di badan Farah. Dia segera mempercepat laju motornya, berharap cepat sampai di rumah. Tanpa melihat kanan-kiri, dari sisi kanan ada sebuah mobil colt menyebrang dengan cepat. Farah membanting stri ke arah kiri. Nggak disangka sepeda motornya tergelincir karena jalanan licin.
Gubrak! Sreeet!.... Farah tertabrak dan terseret lima meter di tengah jalan. Orang-orang di sekitar kejadian segera mengangkat Farah ke pinggir trotoar. Dan colt yang menabrak Farah udah hilang di tengah hujan deras. Dan Akhrinya Farah meninggal dengan seketika.

Kelebihan dari novel tersebut :
• Novelnya mahal
• Ceritanya mudah dimengerti
• Tulisan dan bahasanya mudah di pahami
• Ceritanya sangat menarik

Kelemahan dari novel tersebut :
• Ceritanya terlalu rumit
• Dan novelnya tidak di sertai daftar isi yang jelas

Kesimpulan

Ada dua orang sahabat yang menjalin persahabatan sejak kecil. mereka bernama Farah dan Astrid. Mereka mempunyai profesi yang berbeda-beda.Farah memiliki pacar yang bernama Romy, Astrid pun menyukainya. Tapi Astrid sadar kalau Romy sudah jatuh hati kepada Farah sejak pertama kali mereka bertemu di salah satu acara ulang tahun teman mereka. Dan disuatu hari Romy mengajak Farah untuk married, tetapi Farah tidak mau, karena Farah tidak menyukai sifat Romy yang tidak tegas dalam pendiriannya.
Dan suatu hari Farah mendapat kabar kalau orang tuanya Astrid bercerai.dan di hari itu juga Farah menanyai tentang kabar tersebut, Astrid pun menjawab benar.
Hari berganti hari,ternyata Romy tidak menjadi married dengan Farah dan dia sekarang sering memberi perhatian lebih kepada Astrid. Beberapa minggu ke depan Romy berpacaran dengan Astrid.
Akhrinya mereka berdua menikah, Dan dikaruniai anak perempuan yang cantik. Dan Farah masih setia dengan predikatnya yang masih jomblo. Suatu hari Ketika Farah setelah mampir dari rumahnya Astrid, Farah pun pulang dengan mengendarai motor dan pada saat itu terjadi hujan deras. Farah pun mengendarainya dengan pelan-pelan. Dan ternyata dari sisi kanan ada mobil colt dengan kecepatan tinggi. Akhrinya mobil itu menabrak Farah dan di situ juga Farah terlempar sejauh lima meter. Farah pun akhrinya meninggal dunia.

Sinopsis

Iseng chatting buat nyari soulmate baru, Farah, cewek 24 tahun ini malah ketiban masalah. Baru kirim-kirim E-mail tiga kali, Salman udah ngajak pacaran. Buat Raizmad, jarak nggak jadi halangan cowok asli Pakistan ini untuk nyatain perasaan. UGH! Masalah tambah runyam aja karena bukan hanya dua cowok itu yang harus dipilih Farah. Ada Firman, teman sekantornya, yang tiba-tiba ngasih perhatiaan Ekstra. Itu belum seberapa.... masalahnya di depan mata, Romy,. Sang pilot muda yang udah dua tahun ini jadi pacarnya juga ngajak married. Nah lo! Mana yang harus, dipilih Farah? Romy... baik dan mapan, tapi nggak”cowok banget”! Raizman ... So pasti cakep dan romantis. Tapi dia bener0bener cinta Farah nggak sih? Salman dan Firman... baik dan alim, tapi daun muda, Bo!
Jadi, siapa yang bakal jadi SOULMATE-NYA Farah? Penasarankan? Makanya, baca novel ini biar nggak nyesel......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar