RSS FEED

Kamis, 22 April 2010

Networked Enterprise

Nama : Novia Ristian Dani

Npm : 11108442

Kelas : 2KA06

Networked Enterprise

Komputer yang berfungsi sendirian tanpa terhubung dengan komputer lain disebut stand-alone. Network atau jaringan adalah suatu cara menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel dan network card, serta dikontrol melalui network operating system. Para user dapat saling bertukar data atau program, serta dapat menggunakan data atau program itu bersama-sama dalam waktu yang sama. Jika salah satu komputer mengalami gangguan, tugasnya dapat diambil alih oleh komputer lainnya.

Network terdiri atas:

  • SERVER/HOST
    Yaitu sebuah komputer yang bertindak sebagai pusat dan bertugas melayani komputer-komputer lain yang terhubung kepadanya. Ia bisa berupa PC atau Mini. Umumnya komputer server dirancang memiliki kemampuan yang lebih besar dibanding PC biasa. Server bisa dipasangi lebih dari satu processor dan kapasitas memori serta hard disknyapun lebih besar. Processor untuk serverpun ada yang khusus seperti Intel Xeon.
  • CLIENT/WORKSTATION/TERMINAL
    Merupakan komputer yang terhubung ke server. Komputer ini berupa PC biasa dan melakukan tugas-tugas yang umum seperti mengetik, membuat tabel, membuat program dan sebagainya. Kelebihannya ia dapat berkomunikasi dengan sesama client ataupun dengan server, dengan demikian ia dapat mengambil ataupun mengirim data. Client juga bisa memakai printer yang berjauhan letaknya. Client juga dapat bertugas sebagai host apabila ada lebih dari satu client terhubung kepadanya.
  • NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
    Dipasang pada mainboard. Setiap komputer yang terlibat dalam network wajib dilengkapi NIC ini. Ia bertugas menjembatani pengiriman dan penerimaan data yang berjalan antara komputer tempat ia dipasang dengan komputer lain didalam jaringan.
  • KABEL
    Merupakan media transmisi yang paling umum digunakan untuk suatu komunikasi. Sekarang ini sudah ada wireless LAN yang menggunakan sinar infra merah (infrared) untuk mengirimkan data.

Tujuan membuat network adalah untuk membagi (sharing) data dan informasi serta memakai hardware dan software secara bersamaan oleh lebih dari satu user.

Konsep Jaringan

Jaringan adalah dua tau lebih computer yang saling terhubung sehingga dapat membagi data dan sumber-sumber peralatan lain.

Macam-macam jaringan :

LAN ( Local Area Network )

· Jaringan dasar untuk membentuk jaringan besar (Internetwork).

· Jarak jangkauannya tidak lebih dari 1000 feet.

· Jumlahnya kurang dari 100 komputer.

WAN ( Wide Area Network )

· Jarak jangakuannya bisa sangat jauh.

· Menghubungkan dua atau lebih lokasi yang terpisah.

· Terhubung ke jaringan lain.

MAN ( Metropolitan Area Network )

· Teknologi WAN yang menghubungkan beberapa jaringan LAN.

· Menghubungkan beberapa tempat atau region yang berbeda.

Tipe Jaringan

Peer To Peer

•No centralized control

•Keduanyabertindaksebagaiclient & server

•AkseskontrolUser ke mesin

•Institutionalized chaos & security concerns

•Penambahan mesin akan melemahkan kerja jaringan

Client-Server (Server Based)

•Server merupakan kunci utama

•AkseskontrolbersifatCentralized

•Menggunakanprocessor yang cepat

•Memory yang besar

•Extra peripherals

Hybrid

KombinasidarijaringanPeer to Peer dan Server Penggunadapatmembagi“resource” yang dimiliki kepenggunalain sepertipadajaringanserver-based

Trend Telekomunikasi

Teknologi jaringan komunikasi generasi atau yang biasa disebut dengan 3G,pada ponsel-ponsel saat ini menyediakan kemudahan mobilitas tanpa kabel (nirkabel) tanpa batas yang belum pernah ada sebelumnya, dengan kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi (setara dengan broadband internet seperti DSL, Cable Modem maupun Leased Line), Video Streaming dan Video Conferensi memberikan kemudahan untuk segala kepentingan kita semua secara cepat dimanapun kita berada.

Secara umum perkembangan teknologi telekomunikasi terbagi menjadi beberapa generasi, antara lain :
1. 1G (1979-1992), teknologi wireless.
2. 2G, menggunakan teknologi wireless yang ada, yang sebagian besar mengakomodasi teks.
3. 2.5G, teknologi sementara dan mengakomodasi grafik.
4. 3G (2001-2005), teknologi generasi ketiga mendukung kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi, Video Streaming dan Video Conferensi.
5. 4G (2006-2010), akan menyediakan teknologi multimedia yang lebih cepat dengan menggabungkan teknologi komunikasi suara (voice), akses internet (data), dan layanan video atau televisi melalui satu saluran.

Bussiness Value Pada Jaringan

· Komunikasi
Kominikasi antar pemakai dalam suatu jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan
e-mail atau tele conference. Sehingga kebutuhan akan komunikasi antar pemakai dapat dipenuhi tanpa harus pindah dari tempat kerjanya. Selain itu pemakai e-mail dapat menekan pemakaian pulsa telepon.

· Akses internet bersama-sama
Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses ke internet, maka para pengguna jaringan dapat melakukan aktivitas di internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP, satu buah modem. Hal ini sangat menghemat dana yang cukup besar.

· Memudahkan perencanaan bisnis .

· Memberikan efisiensi bagi pelayanan bisnis .

· Dengan menggunakan jaringan komputer, maka perusahaan dapat berbagi peralatan seperti printer, dan modem, sehingga dapat menghemat biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli piranti keras.

Telekomunikasi

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:

  • Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
  • Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room

Komponen dasar

Untuk bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu :

  • Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan
  • Pengirim : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim
  • Media transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh.
  • Penerima : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan.

Analog dan digital

Dalam merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim, ada dua model yang dipakai. Pertama adalah merubah informasi ke sinyal analog dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinue (terus menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi. Kedua adalah sinyal digital, dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-putus (discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal "0" dan "1". Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi, sinyal analog akan terkena gangguan, sehingga di sisi penerima sinyal tersebut terdegradasi. Sementara untuk sinyal digital, selama gangguan tidak melebih batasan yang diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman.

Revolusi Internet

Kronologi

Periode Awal

– 1957, USSR meluncurkan Sputnik, satelit bumi buatan pertama. USA menditikan Advanced Research Projects Agency (ARPA) dalam DoD.

– Jul-61, First Paper on Packet Switching Theory, Leonard Kleinrock, "Information Flow in Large

Communication Nets.”

– 1962, RAND Paul Baran, RAND Corporation (agen pemerintah) diberi kekuasaan oleh USAF untuk studi pengelolaan command and control pada misil dan bomber, setelah serangan nuklir. Tulisan yang dihasilkannya packet switched network.

Periode Lanjut

– Apr-69, Request For Comments (RFC) #1, "Host Software" Released, written by Steve Crocker, covering Host-to-Host protocol, the first output of the Network Working Group (NWG).

– Sep-69, First Node of ARPANET Installed at UCLA Network Measurement Center

– Oct-69, Second Node of ARPANET Installed at SRI, first ARPANET messages passed

– Nov-69, Third Node of the ARPANET Installed at UCSB making the first redundant network

– Des-69, Fourth Node of the ARPANET Installed at the University of Utah

– Jul-70, First Packet Radio -ALOHANET operational at U. Hawaii under Norm Abramson using the ALOHA concept of random packet transmission

– Dec-70, Network Control Protocol (NCP), the first host-tohost protocol, completed by Steve Crocker and NWG.

– Sep-71, First Terminal Interface Processor (TIP) in ARPANET; terminals to directly dial into the network

– Mar-72, First basic Email Programs, SNGMSG and READMAIL written by Ray Tomlinson at BBN.

– Jul-72, First Email Management Program, RD written by Larry Roberts

– Jul-72, FTP Protocol Specification ( RFC 354), Jon Postel

– Oct-72, First APRANET Public Demonstration at ICCC in Washington organized by Robert Kahn of BBN

– May-73, First Ethernet Operation at Xerox PARC designed by Robert Metcalfe

– May-74, First Internetworking Protocol, TCP outlined in a paper by Robert Kahn and Vinton Cerf

– Jul-75, ARPANET Transferred to DCA, the Defense Communications Agency.

– Oct-77, First TCP Operation over ARPANET, Packet Radio Net, and SATNET (the satellite network)

– Nov-77, Complete Email Specification ( RFC 733) released by two Email pioneers, Dave Crocker and John Vittal.

– Mar-78, TCP Split into TCP and IP, where TCP was the endto- end process and IP was the network routing process by Vint Cerf, Jon Postel, and Danny Cohen.

– Nov-83, Domain Name System (DNS) Designed by Jon Postel, Paul Mockapetris, and Craig Partridge to support the Email addressing space, creating .edu, .gov, .com, .mil,.org, .net, & .int.

– 1986, First Interop Conference organized by Dan Lynch.

– 1989, Internet opened to commercial mail through MCI Mail

– 1991, NSF Opens Internet to commercial use.

– 2001 - Finally the Internet gets Quality of Service (QOS) with guaranteed rate service for voice and video

Bisnis Menggunakan Internet

Anda mungkin pernah belanja buku di Amazon.com, ataupun menggunakan service dari Yahoo, atau membaca berita di Detik.com. Tentu kita ingin pula mengikuti kesuksesan mereka. Kabar baiknya, untuk memulai bisnis internet relatif lebih murah jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lain. Hanya dengan biaya kurang dari Rp 500.000,- rupiah per tahun untuk biaya pembelian domain dan web hosting, anda telah dapat mempunyai sebuah toko on-line di internet.

Keuntungan lain berbisnis lewat internet adalah jangkauannya yang luas. Dengan menggunakan internet, setiap orang di seluruh dunia yang terkoneksi dengan internet adalah pelanggan potensial anda. Di Indonesia sendiri, pemakai internet setiap tahun bertambah dengan pesat, seiring dengan maraknya warnet sampai ke pelosok nusantara.

Kelebihan lainnya dari toko on-line di internet adalah toko anda akan buka 24 jam sehari 7 hari seminggu. Setiap saat calon pelanggan dapat melihat isi toko anda. Andapun tentu tidak perlu sewa tempat untuk memamerkan produk anda. Cukup dengan mengklik mouse komputer mereka, segala informasi produk dapat dengan mudah didapat oleh calon pelanggan.

Lalu bagaimana langkah-langkah dan strategi untuk menjalankan bisnis di internet ini ?

• Pertama, anda tentu harus merancang produk yang akan anda jual.
• Kedua, anda harus membuat website penjualan yang serba otomatis sehingga akan memudahkan administrasinya.
• Ketiga, anda harus menarik pengunjung sebanyak mungkin ke website anda.

Bisnis Value Pada Internet

Menghasilkan sumber pendapatan baru

Menurunkan biaya – biaya operasi bisnis

Mengembangkan produk baru berbasis WEB

Meningkatkan Loyalitas pelanggan & retensinya

Menarik pelanggan baru

Mengembangkan pasar baru dan Jaringan

Peran Intranet Dan Extranet

Peran Intranet

Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di

Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet. WARNET sebetulnya intranet yang sangat

sederhana sekali, kebetulan tidak ada content yang khusus / spesifik yang internal di warnet tsb.

Yang seru adalah dari sisi materi / content yang dibawa oleh intranet tsb. Pada tingkat yang paling sederhana, mungkin

Intranet akan sangat dirasakan manfaat jika e-mail internal perusahaan / institusi dapat diaktifkan. E-mail yang dilengkapi

dengan kemampuan mailing list sangat membantu untuk melakukan koordinasi antar bagian secara fleksible dan

mengurangi rapat-rapat yang sering kali melelahkan. Di samping itu yang cukup fatal sebetulnya e-mail mempunyai

potensi untuk membuat semua proses dalam badan usaha anda menjadi sangat transparan & siap-siap saja sebagai

manajer / direktur untuk di tegur oleh bawahan anda secara terbuka.

Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2

hal utama yaitu:

- membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system

informasi manajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti

masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke ecommerce

(dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika

system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.

- Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin

dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapat mengolah secara

baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu /

konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kita

melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun

eksplisit. Masih jarang ahli di Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan

teknik ini adalah para pustakawan.

Peran Ekstranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Contoh Kasus :

Pengertian LAN , WAN , MAN

Local Area Network

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.



WAN

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.




MAN

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 k
m . Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar